Thursday 7 November 2013

Android Mendominasi Pasar Sistem Operasi

Android, seperti yang kita tahu, merupakan salah satu dari beberapa sistem pengoperasian khusus smartphone dan tablet. Android pertama kali diciptakan oleh Android Inc., sebuah perusahaan kecil yang didirikan pada Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Kemudian pada Agustus 2005 Google mengakuisisi Android Inc. karena Google tertarik dengan konsep yang dijunjung oleh Android Inc.

Android memiliki beberapa saingan, seperti iOS, Windows Phone, BlackBerry, DLL. Namun sejauh ini, sepertinya Android bisa mengalahkan saingannya dengan telak. Pengguna Android setiap harinya semakin bertambah. Perkembangan pengguna Android lebih cepat dibandingkan dengan saingan-saingannya.

Berdasarkan data yang diketahui saat ini, Android memiliki marketshare yang sangat besar dan sangat mendominasi. Yaitu sebanyak 81%, dapat terbayang betapa besar kekuasaan Android dalam pasar sistem pengoperasian khusus smartphone dan tablet.

Saat ini Android turut menyumbangkan pendapatan yang besar untuk Google, pastinya keputusan Google untuk mengakuisisi Android Inc. pada tahun 2005 adalah keputusan yang sangat baik. Karena pendapatan yang diterima Google dari Android pun tidak kalah besar dibandingkan dengan pendapatannya dari sistem mesin pencarian Google.

0 comments:

Post a Comment